Friday, May 13, 2022
HomeUncategorizedProsesi Ritual Tabut Terbuang Terapkan Prokes Ketat

Prosesi Ritual Tabut Terbuang Terapkan Prokes Ketat

BENGKULU – Pada tahun-tahun sebelumnya atau tepatnya sebelum pandemic covid-19 melanda pelaksanaan ritual tabut tebuang yang menjadi rangkaian terakhir dari festival tabut di Bengkulu selalu ramai disaksikan masyarakat.

 

Namun berbeda dengan kali ini mengingat situasi pandemic covid-19 masih belum berakhir, pelaksanaan tabut terbuang pun dilaksanakan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

 

Kendati demikian kerukunan keluarga tabut (KKT) Kelurahan Berkas Kota Bengkulu tetap melaksanaan ritual tabut terbuang pada Kamis (19/8) siang. Bahkan, pelaksanaan ritual ini dikawal aparat kepolisian. Terlihat bhabinkamtibmas Kelurahan Berkas, Brigpol Jonson memonitoring langsung kegiatan guna memastikan penerapan prokes dilaksanakan secara ketat.

“Kegiatan  berlangsung lancar dengan menerapkan prokes covid-19. Situasi dalam keadaan aman dan kondusif,” tegas Jonson.

 

Diwaktu yang bersamaan, juga dilaksanakan rangkaian kegiatan acara puncak dari ritual tabut yaitu Tabut Tebuang yang diselenggarakan oleh KKT (Kerukunan Keluarga Tabut) Tabut Imam Senggolo Kota Bengkulu. Sebelum rangkaian berlangsung seluruh peserta terlebih dahulu berkumpul di markas Tabut Imam Senggolo yang berlokasi di Jalan Letkol Sentosa Kelurahan Pasar Melintang Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu.

 

Selanjutnya Adil Qurniawan memimpin anggotanya bergerak menuju Makam Keramat Karabela Kelurahan Kebun Tebeng Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu dengan menggunakan serta membawa dua buah simbol tabut.

 

Sebelum berangkat rombongan KKT Imam Senggolo melaksanakan prosesi Soja (penghormatan tabot Tua) dan setelah itu langsung bergerak menuju lokasi pembuangan  yaitu di Pemakaman Karabela dengan route Simpang Unihaz – Pintu Batu – Jamik – Soeprapto – Simpang Lima – Sp. Skip – Padang Jati – dan Finish di Makam Karabela. (Hasrul)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments