Sunday, May 15, 2022
HomeUncategorizedUpaya Bengkulu Bangkit dari Pandemi Covid-19, Berjibaku Genjot Vaksinasi Massal

Upaya Bengkulu Bangkit dari Pandemi Covid-19, Berjibaku Genjot Vaksinasi Massal

KLIKBENGKULU.COM – Capaian vaksinasi corona virus disease 2021 (covid-19) di Provinsi Bengkulu saat ini baru mencapai 34 persen. Yang artinya, belum merata ke seluruh masyarakat. Oleh sebab itu, Pemprov Bengkulu bersama unsur Forkopinda dan juga pemerintah kabupaten/ kota se Provinsi Bengkulu berjibaku bersama-sama menggenjot suksesnya vaksinasi massal.
Tujuannya agar kekebalan tubuh atau herd immunity masyarakat di Bengkulu semakin meningkat. Tentunya, akan mampu melawan menyebarnya wabah covid-19 ini.
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah memaparkan target minimal 50 persen pada minggu pertama November 2021 harus dilaksanakan sebaik mungkin. Menurutnya,  saat ini sebanyak 370 ribu lebih dosis vaksin tersedia di Bengkulu.
Di mana 320 ribu dosis vaksin telah didistribusikan ke 9 kabupaten dan 1 kota. Sementara 50 ribu dosis vaksin berada di gudang vaksin Dinkes Provinsi Bengkulu sebagai cadangan.
“34 persen hingga saat ini angka vaksinasi covid-19 di Provinsi Bengkulu. Jadi jika 370 ribu dosis vaksin dilaksanakan cepat bisa menyumbang angka vaksinasi 22 persen. Sehingga 34 persen ditambah 22 persen, maka 56 persen di minggu pertama November bisa tercapai,” beber Rohidin, Kamis (28/10/2021).
Rohidin menerangkan, untuk menyukseskan target tersebut ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, mulai dari penyiapan tim vaksinasi di puskesmas masing-masing, melaksanakan vaksinasi rutin dengan banyak titik setiap hari dan stok vaksin yang terjamin.
Kemudian, lanjut dia, yang tidak kalah penting, Satgas covid-19 di tingkat kecamatan dan desa kembali diaktifkan.
“Kami juga mengimbau masyarakat terkait adanya sanksi administrasi, itu tujuannya tidak lain untuk melindungi masyarakat supaya ada kemauan dan tanggungjawab untuk vaksin,” imbaunya.
Rohidin menuturkan, jika vaksinasi ini berhasil, maka aktifitas ekonomi masyarakat kembali pulih dan kegiatan kemasyarakatan kembali normal.
Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Guntur Setyanto mengungkapkan dengan ketersediaan vaksin cukup banyak di lapangan, TNI-POLRI siap mendukung serbuan vaksinasi ini. Sehingga target minimal 1,5 juta penduduk Bengkulu atau 75 persen angka vaksinasi covid-19 bisa tercapai.
“Hari ini target di Rejang Lebong 3 ribu lebih vaksinasi dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda. Dihari berikutnya hingga awal November angka 50 persen vaksinasi, Babinkamtibmas dan Babinsa siap memback up,” ungkap Guntur disela-sela meninjau vaksinasi massal COVID-19 di GOR Curup, Universitas Pat Petulai dan SMKN 6 Rejang Lebong.
Sementara itu disampaikan salah seorang warga Desa Talang Benih Rejang Lebong, Rohim mengungkapkan dirinya sangat mendukung pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.
Namun, menurutnya wilayahnya perlu mendapatkan tambahan kuota vaksin. Kemudian, pelaksanaan vaksinasi hendaknya perlu dilakukan secara tertata, sehingga masyarakat tidak berkerumun.
“Kami menyadari pentingnya vaksin, maka dari itu saya hadir untuk divaksin. Semoga ke depan vaksinasi berjalan lebih baik, dan corona cepat berlalu,” ujar Rohim.
Diketahui, berdasarkan data Dinkes Provinsi Bengkulu per 26 Oktober 2021 pukul 19.45 wib, capaian vaksinasi covid-19 di Provinsi Bengkulu 34,39 persen untuk dosis pertama dan 19,66 persen dosis kedua.
Sementara di tingkat kabupaten/ kota se Provinsi Bengkulu, capaian vaksinasi dosis pertama Covid-19 tertinggi di Kota Bengkulu yaitu 58,30 persen, selanjutnya di Kabupaten Bengkulu Tengah 46,32 persen, Kabupaten Bengkulu Utara 35,64 persen, Bengkulu Selatan 31,73 persen, Kaur 30,58 persen, Lebong 26,37 persen dan Seluma 25,63 persen.
Sementara 3 kabupaten dengan capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama terendah, yaitu Kabupaten Rejang Lebong 25,11 persen, Kepahiang 22,78 persen dan Kabupaten Mukomuko pada angka 20,29 persen. (Hasrul)
RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments