Thursday, May 12, 2022
HomeDaerahPertamina Patra Niaga Resmikan Program Pemberdayaan Masyarakat PERISAI

Pertamina Patra Niaga Resmikan Program Pemberdayaan Masyarakat PERISAI

KLIKBENGKULU.COM – Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) melalui PT Pertamina Fuel Terminal (FT) Pulau Baai meresmikan program pemberdayaan masyarakat Pisang Enggano Juara Sehat dan Bergizi (PERISAI) bertempat di FT Pulau Baai, Kamis (16/12).
Pada acara tersebut dihadiri oleh Sr. Supervisor CSR & SMEEP Sumbagsel Agustina Mandayati, Fuel Terminal Manager Pulau Baai, Saybani dan perwakilan Pemerintah Kecamatan Enggano serta perwakilan dari Kelompok Pisang Enggano Pakaha’ik.
“Pulau Enggano merupakan salah satu titik program BBM Satu Harga dimana lokasinya cukup terisolir namun memiliki perkebunan pisang yang potensial untuk dikembangkan. Program PERISAI ini bertujuan agar masyarakat di Pulau Enggano dapat mengolah pisang yang merupakan komoditas utama hasil perkebunan dan dapat meningkatkan perekonomian warga,” ujar Area Manager Communication Relations & CSR Umar Ibnu Hasan.
Pada hari yang sama diadakan kegiatan penyerahan bantuan secara simbolis dari Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Selatan kepada perwakilan kelompok. Bantuan yang diberikan berupa alat produksi serta pelatihan kepada Kelompok Pisang Enggano Pakaha’ik senilai Rp 300.000.000,-
“Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina Patra Niaga atas bantuan yang diberikan. Kami diberikan alat untuk memproduksi olahan pisang serta pelatihan memproduksi pisang menjadi produk keripik dan tepung. Masyarakat juga diberikan pengetahuan mengenai bagaimana cara pengemasan produk agar dapat menarik konsumen,” ujar M Ishak Kauno Ketua Kelompok PERISAI.
Apabila mengacu pada Sustainable Development Goals (SDG’s), program PERISAI mendukung tujuan ke delapan yaitu pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi pada target ke-8.1 dan indikator 8.1.1 yaitu memelihara pertumbuhan ekonomi per kapita sesuai dengan situasi nasional melalui pembukaan lapangan kerja sehingga meningkatkan pendapatan anggota kelompok PERISAI.
Camat Enggano, Marlansius S.S dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi terhadap program CSR Pertamina Patra Niaga karena telah mengembangkan potensi daerah Enggano.
“Alhamdulillah dengan program PERISAI ini warga kami dapat lebih banyak belajar tentang memaksimalkan potensi alam yang dimiliki dan dapat meningkatkan perekonomian warga,” Tutup Marlansius. (**)
RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments